Oleh: chemyroman | Januari 30, 2014

Balada Mahasiswa Tingkat Akhir

Setelah bongkar-bongkar isi harddisk, gak sengaja nemuin file lama yang ternyata isinya adalah tulisan-tulisan yang pernah gue tulis sendiri, sebuah tulisan semacam sajak yang dulu pernah gue tulis disaat masih galau menyelesaikan skripsi. Tulisan tersebut gue kasih judul Balada Mahasiswa Tingkat Akhir. Oke cekidot…..

#Balada Mahasiswa Tingkat Akhir 1

Habis berbatang-batang

Tuan belom datang

Hati mulai bimbang

Karna hari sudah petang

Rasa ingin pulang

Tapi sayang

Belom dapat tanda tangan

#Balada Mahasiswa Tingkat Akhir 2

Pergi pagi pulang petang

Sabar ku menunggu di ruang kampus

Gak sempat sarapan dan lupa makan siang

Ku abaikan rasa ngantuk, lapar dan haus

Demi sebuah tanda tangan

Biar aku cepat lulus

Iklan
Oleh: chemyroman | Juni 15, 2013

Puisi Yang Lelah

menunggu

Hey.. Letakkan penamu!
Berhentilah menitipkan beban hatimu padaku!
Kebodohanmu, ketakutanmu, penyesalanmu, slalu jadi organ tubuhku.
Seakan-akan aku hanya sebatas tempat sampah penuh tissue basah di pojokan kamarmu.

Kau kira aku tak letih?
Setiap hari kau ciptakan aku dengan merintih.
Kau kira aku tak sedih?
Menggoreskan cerita cintamu yang tertatih.

Aku merindukan saat-saat kau ciptakan aku dengan tawa.
Aku memimpikan tubuhku berisi warna.
Aku ingin sekali ada yang membaca tubuhku dengan tawa..
Bukan wajah-wajah yang bermuram durja.

Berhentilah menangisi wanita.
Sambutlah sisi cerah lain dari dunia.
Usaplah bayang-bayang wanita yang telah menutupi retina.
Karena dia lah yang sudah membuatmu buta.

Sebenarnya, aku tak keberatan saat tubuhku kau isi bait-bait luka..
Asal setidaknya, kau berani menunjukan aku kepadanya..
Aku letih kau jadikan lukisan hitam..
Yang selalu tenggelam di saat malam..

Sudahlah.. Cepatlah pergi dari sini..
Keluarlah, dan sambut mentari pagi..
Lihatlah warna lain yang lebih abadi.
Warna berseri yang bernama Persahabatan sejati.

By: Alitt Susanto a.k.a @shitlicious

Oleh: chemyroman | Juni 6, 2013

Wajib militer di Indonesia, Perlukah?

Gambar

Foto by Tony Hartawan

Menurut saya, saat ini Indonesia belom perlu dilakukan wajib militer dan saya pikir rencana pemerintah tentang wajib militer merupakan suatu kebijakan yang absurd. Mengapa?

Ada beberapa alasan yang menurut saya mengapa Indonesia masih belom perlu diberlakukannya wajib militer:

  1. Pertama karena program wajib militer masih belom jelas urgensinya apa, tujuan , keuntung dan kerugiannya. Sedangkan anggaran yang dibutuhkan untuk program ini sangatlah besar, padahal masih banyak program lain yang jauh lebih penting dari itu seperti pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan masyarakat yang harus dibenahi. Baca Lanjutannya…
Oleh: chemyroman | Desember 31, 2012

Selamat Tahun Baru

Beberapa jam lagi tahun akan berganti dan orang-orang pun mulai sibuk menyiapakn rencana  untuk menyambut pergantian tahun baru, entah sejak kapan pesta pergantian tahun ini dilakukan, tapi yang pasti perayaan pergantian taun ini sudah menjadi suatu tradisi yang banyak dilakukan oleh orang-orang diberbagai belahan dunia. Berbagai cara dilakukan oleh orang-orang untuk melewatkan momen pergantian tahun, ada yang kumpul bareng keluarga sambil membuat acara bakar-bakar, ada yang konvoi, merenung, menyaksikan konser musik, dan bahkan ada juga yang menghabiskan malam bersama pacar di kamar hotel, dan banyak hal lagi yang dilakukan oleh orang-orang untuk melewatkn momen pergantian tahun. Baca Lanjutannya…

Oleh: chemyroman | Desember 23, 2012

Suck Day

Mungkin teman-terman semua pernah mengelamai suck day (hari yang menyebalkan) dimana pada hari itu lo mengalami kesialan yang beruntun. contoh sederhananya seperti ini: Lo udah janjian sama dosen pembimbing untuk berkonsultasi jam 09.00 dan pas diperjalanan hujan turun sangat deras hingga mengharuskan lo untuk berteduh dalam waktu yang cukup lama, sesampai dikampus ternyata dosen lo udah pulang  dan sesaat kemudian lo mendapat sms dari dosen kalau lo udah ditungguin lama dan beliau juga bilang dia nggak mau kertemu sama kamu lagi karna lo udah PHPin dia *loh :D. Itu adalah salah satu contoh kejadian yang sangat menyebalakan. Disini gue akan berbagi cerita tentang suck day yang pernah gue alamin, dan berikut ini adalah salah satu kejadian suck day luar biasa yang pernah gue alamin.

Dalam proses penelitian yang gue lakukan banyak sekali kesialan yang pernah gue alami bahkan kejadian tidak hanya terjadi dalam sehari tetapi terus berlanjut kehari-hari beriktnya. jadi ceritanya begini, pada hari itu gue bersiap untuk kekampus untuk menimbang bahan penelitian untuk gue pake besoknya, tapi pas gue mau berangkat tiba-tiba hujan turun dengan derasnya hingga gue urungkan niat untuk berangkat waktu itu juga karna gue pikir waktunya masih cukup panjang (kalau gak salah waktu itu jam 13.00 siang) dan gue juga udah nyiapain surat lembur buat make fasilitas lab jika emang waktunya gak cukup, setelah beberapa saat kemudian hujan pun reda dan gue lansung tancap gas ke kampus namun setiba disana gue mendapati bahwa timbangan yang akan gue pake buat nimbang ternyata sedang mengalami kerusakan dan sedang diperbaiki, gue disuruh nunggu sampe itu barang selsai diperbaiki, sambil menunggu gue pun mencari staf penanggung jawab laboratoriun untuk menyerahkan surat izin lembur untuk antisipasi kalau perbaikan timbangannya sampe sore selesainya, tapi setelah gue cari-cari staf lab sedang gak ada ditempat dan dari informasi yang gue dapat dari temen gue beliau sudah pulang sejak siang tadi, dan lebih parahnya lagi adalah besoknya hari sabtu diamana tidak ada kegiatan kampus pada hari itu (libur) *mampus dah gue, tapi belum putus asa gue mencoba untuk melobi laboran dari luar jurusan gue dan dibantu oleh pembimbing gue akhirnya lobi gue berhasil, namun belum selesai 1 bungkus gue nimbang tiba-tiba listriknya mati (timbangan menggunakan power listrik) padahal yang gue butuhin itu sekitar 75 bungkus. It’s so kampret, you know? Karna hari itu gue gagal untuk menimbang bahan jadi dengan sangat terpaksa penelitian gue harus diundur satu hari. Baca Lanjutannya…

Oleh: chemyroman | Desember 19, 2012

Skripsi Oh Skripsi

Hari ini gue galau banget. kenapa, ditolak cewek? Bukan!! kalau ditolak cewek mah gampang tinggal cari lagi cewek lain buat ditembak :). trus apa dong? ya ini adalah kegalauan gue karna skripsi yang gak kelar-kelar. trus masalahnya dimana? ya hari ini adalah untuk kedua kali permohonan maaf dan laporan gue ditolak. Koq bisa? iya bisa! masalah ini berawal karena laporan skripsi yang terlalu lama gue tinggal, gue down waktu itu hingga semangat untuk mengerjakan skripsi gue jadi hilang. Gue down banget ketika gue terpaksa mengulang mata kuliah karna tuntukan IPK yang tidak mencapai standard. Nah karna mengulang mata kuliah itu alhasil kelulusan gue jadi tertunda karna harus menyelesaikan semua mata kuliah yang merupakan  syarat sah wajib untuk sidang kompre.

Oke balik lagi kelaporan skripsi yang lama gue abaikan, dengan mengumpulkan semangat sedikit demi sedikit akhirnya gue tergerak juga untuk menggarap revisian gue yang udah mulai berkarat itu, setelah laporan selesai, besoknya gue lansung menghadap si bos (Dosen) yang punya proyek penelitian yang gue ikutin. Setelah berdikusi tentang isi dari laporan gue, beliau bilang kalau sebaiknya variabel penelitian gue diganti, lho koq bisa? iya ini karna berkaitan dengan peraturan Dikti (Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi) yang baru yaitu tentang penerbitan jurnal dari laporan skripsi mahasiswa S1 yang dimulai dari tanggal satu September. Berhubung gue belum selesai juga sampai peraturan itu berlaku beliau meminta gue untuk ngerubah variabel penelitian gue, ya karna gue dan beliau sama-sama harus menerbitkan jurnal sedangkan peraturan penerbitan jurnal tidak diperbolehkan menerbitkan jurnal sama karna salah satu akan dianggap plagiat. Nah itulah yang menjadi alasan kenapa gue harus merubah variabel penelitian, gue sih gak keberatan dan menerimanya dengan senang hati karena perubahan variabelnya juga gak jauh beda dan malah lebih mudah dari sebelumnya. Baca Lanjutannya…

Oleh: chemyroman | Desember 3, 2012

Cinta Yang Agung

Adalah ketika kamu menitikkan air mata
dan masih peduli terhadapnya..
Adalah ketika dia tidak mempedulikanmu dan kamu masih
menunggunya dengan setia..

Adalah ketika dia mulai mencintai orang lain
dan kamu masih bisa tersenyum sembari berkata ‘Aku
turut berbahagia untukmu..

Apabila cinta tidak berhasil
…Bebaskan dirimu…
Biarkan hatimu kembali melebarkan sayapnya
dan terbang ke alam bebas lagi..
Ingatlah…bahwa kamu mungkin menemukan cinta dan
kehilangannya..

Tapi..ketika cinta itu mati..
kamu tidak perlu mati bersamanya

Orang terkuat BUKAN mereka yang selalu
menang..MELAINKAN mereka yang tetap tegar ketika
mereka jatuh..

(By: Khalil Gigran )

Oleh: chemyroman | Desember 3, 2012

Dengan Bangga

Kalau aku hanya bisa menjadi temanmu
Kalau hanya itu tempat untukku dihatimu
Kan kuterima itu dengan bangga
Kubuktikan diriku yang terbaik untuk menjalaninya

Kan kuberikan kepadamu bahuku untuk tempat mengadu
Kan kutunjukkan betapa pedulinya aku padamu
Aku kan selalu siap saat kau membutuhkanku
Aku akan selalu berada didekatmu

Kalau aku hanya bisa menjadi temanmu
Yang mendengar saat kau menangis
Kan kuterima itu dengan bangga
Kan kujalani dengan suka cita

Cintaku padamu lebih dalam
Daripada yang akan pernah kau sadari
Tanpa mengharapkan kau mencintaiku
Untuk itu mesti ku biarkan kau berlalu

Kau perlu waktu untuk menemukan tujuanmu
Kau perlu waktu untuk merenungkan pikiranmu
Tapi, saat perjalananmu berakhir
Dan jalur yang kau tempuh selesai sudah

Ingatlah aku sahabat baikmu
Yang mencintaimu sejak awal mula

By : Dekres HS,Kragan,Rembang

Oleh: chemyroman | Desember 1, 2012

Penantian

Hari semakin senja
Rembulan tak kunjung tiba
Lelah ku menanti
Kehadiranmu sang bidadari

Semilar angin malam
Menyapa jiwa yang kelam
Dan malam semakin larut
Seperti hati yang semakin surut

Sendiri menunggu pagi
Berharap mentari datang kembali
Menyirari jiwa yang sepi
Dalam penantian tiada henti

By: Chemy Roman

penantian

Kategori

LeonnaDenisa

Hakunamatata (^o^)/